Thailand merupakan negara yang memiliki banyak festival kebudayaan, salah satu yang paling terkenal dan diminati oleh wisatawan adalah Loi Krathong. Festival ini merupakan festival menghanyutkan lilin dan bunga dengan tujuan mendapatkan berkah dalam kehidupan. Festival ini juga berbarengan dengan festival lampion sehingga perpaduan antara lilin dan bunga yang hanyut dan lampion yang menyala sangat indah.

Biasanya masyarakat dan pemuka agama akan mendatangi beberapa danau atau sungai lalu meletakkan rotan yang dibuat menyerupai bentuk bunga teratai yang didalamnya diberi sesajen, lilin dan dupa. Biasanya ini dilakukan untuk menghormati roh air. Tidak jarang masyarakat memotong kuku mereka dan meletakkannya didalam bunga sebagai tanda pembersihan diri.

Festival ini diadakan setiap bulan ke 12 pada kalender tradisional masyarakat Thailand. Jika dihitung dengan kalender biasa, festival ini biasanya diadakan setiap bulan November. Dalam festival ini, masyarakat Thailand akan memanjatkan doa bersama-sama dengan tujuan untuk memberikan rasa syukur kepada sang pencipta atas semua berkah yang telah terjadi selama setahun.

Biasa sebelum lilin dihanyutkan, penduduk Thailand akan berdoa untuk berkah dan hasil panen melimpah untuk tahun berikutnya. Seusai lilin dihantutkan, penduduk Thailand akan melanjutkan festival Yee Peng dimana mereka akan menerbangkan lampion yang menyala ke angkasa. Biasanya pelepasan ini dilakukan di daerah Chiang Mai.

Bagi para wisatawan yang baru pertama kali mengikuti acara ini, para wisatawan juga akan terhibur dengan berbagai parade, salah satunya parade kembang api yang meriah. Bagi kalian yang ingin melihat keseruan dan keindahan festival ini, kalian bisa mampir ke Chiang Mai saat berlibur ke Thailand.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *