Salah satu daerah di Bali yang menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Nusa Penida. Pulau yang satu ini memiliki luas 202.8 km dan masuk kedalam Kabupaten Klungkung, Bali. Tidak hanya indah, di pulau ini kalian juga bisa mencicipi beragam kuliner khas yang tentunya bisa membuat lidah kalian bergoyang. Yuk kita intip makanan apa saja yang wajib kalian cicipi saat berkunjung ke Pulau Nusa Penida.

Makanan pertama bernama Bubur Ledok. Makanan ini merupakan bubur khas yang terbuat dari beras yang dicampur dengan berbagai macam sayuran dan juga daun singkong. Kuahnya sendiri menggunakan campuran berbagai macam rempah sehingga menghasilkan rasa khas yang sedap. Harga yang ditawarkan untuk semangkuk bubur ledok juga tergolong murah sehingga cocok untuk para backpaker.

Makanan kedua bernama Tipat Cantok. Jika dilihat sekilas, makanan ini sangat mirip dengan gado-gado, bedanya adalah bumbu kacang yang digunakan tidak sebanyak gado-gado. Selain itu bumbu kacang yang digunakan juga berbeda dengan yang digunakan pada gado-gado. Biasanya makanan ini ditaburi dengan bawang goreng untuk menambah aroma dan rasa.

Makanan ketiga bernama Jukut-Jukut. Makanan ini merupakan sup khas Nusa Penida yang tidak boleh kalian lewatkan. Isinya cukup sederhana, hanya terdiri dari beberapa macam sayuran seperti kacang merah, jagung, daun kelor, serta singkong. Namun kuah yang digunakan sudah dicampur dengan berbagai rempah sehingga menghasilkan aroma yang sangat harum dan menggugah selera makan.

Makanan keempat adalah Sate Lilit Ikan. Sate lilit sendiri merupakan makanan khas Bali yang cukup populer. Daging ikan akan dililit menggunakan tusukan yang terbuat dari bambu. Daging ikan akan dibumbui dengan rempah dan juga kunyit yang tentunya akan menambah rasa dan aroma. Setelah semua tercampur rata, sate lilit akan dipanggang hingga warnanya berubah kecoklatan.

Makanan kelima adalah Jukut Komak. Makanan berkuah yang satu ini dibuat menggunakan kacang kara. Sayur ini dimasak menggunakan bumbu khusus yang dinamakan genep, yakni bumbu khas Bali yang harum. Makanan ini memiliki aroma yang khas dan tentunya bisa dijadikan lauk untuk disantap bersama nasi putih hangat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *