Tidak dapat dipungkiri, Thailand memang menjadi negara yang dipenuhi dengan ribuan kuil dan candi. Tidak heran jika Thailand disebut sebagai negari seribu candi oleh masyarakat dunia. Dari banyaknya kuil yang ada, mungkin hanya ada beberapa kuil saja yang otentik, salah satunya adalah Wat Pa Maha Chedi Kaew. Apa sih yang menarik dari kuil ini ?

Uniknya Kuil 1,5 Juta Botol 'Wat Pa Maha Chedi Kaew' di Thailand

Yang menarik adalah Wat Pa Maha Chedi Kaew dibangun dengan 1,5 juta botol bekas bir dan minuman energi. Letaknya ada di perbatasan antara Kamboja dan juga Thailand, lebih tepatnya di provinsi Sisaket, 600km ke arah Timur dari kota Bangkok.

Botol yang digunakan pada kuil ini merupakan botol bekas Heineken dan juga botol minuman energi. Botol yang digunakan sudah berumur puluhan tahun, pasalnya bangunan ini  dibangun pada tahun 1984 dan membutuhkan dua tahun untuk dapat menyelesaikan kuil utama. Awalnya bangunan ini dibangun karena banyaknya sampah botol yang berserakan sehingga masyarakat memutuskan untuk membuat sampah botol tersebut menjadi bangunan yang berguna.

Uniknya Kuil 1,5 Juta Botol 'Wat Pa Maha Chedi Kaew' di Thailand

Wat Pa Maha Chedi Kaew menjadi kuil yang paling ramah lingkungan di Thailand. Selain dapat beribadah, kuil ini juga terdapat krematorium, ruang doa, menara air serta kamar mandi yang dapat digunakan oleh para biksu maupun pengunjung yang datang.

Pada tahun 2015 silam, Wat Pa Maha Chedi Kaew mendapatkan predikat sebagai The Ten leading Examples of Sustainable Architecture. Keren bukan ? Tertarik untuk datang berkunjung ke Wat Pa Maha Chedi Kaew ?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *