Apa yang akan kalian pikirkan pertama kali jika mendengar kata hall of opium ? Mungkin yang akan terfikirkan adalah suatu tempat dimana segala jenis transaksi dan pembuatan opium dilakukan. Namun jangan salah, ada satu tempat di Thailand yang dinamakan Hall of Opium. Tempat ini menyimpan sejarah pengedaran opium di sekitaran Golden Triangle pada jaman dahulu.

Bagi kalian yang belum tahu apa itu Golden Triangle, itu adalah sebuah daerah segitiga emas yang menghubungkan tiga negara sekaligus, yakni Laos, Burma, dan juga Utara Thailand. Dulunya tempat ini merupakan pusatnya dari pengedaran opium. Awalnya opium digunakan untuk keperluan medis hingga pada akhirnya disalahgunakan dan pemerindah Thailand mengeluarkan aturan kepada seluruh penduduknya untuk menanam tanaman opium.

Museum ini terletak di Golden Triangle Park, Chiang Rai yang masuk kedalam wilayah utara Thailand. Museum ini buka dari pukul 8.30 pagi hingga 17.30 sore. Namun waktu kunjungan terakhir adalah pukul 16.00 sore dimana waktu yang dibutuhkan untuk mengelilingi museum ini akan memakan 1 hingga 1,5 jam lamanya.

Didalam museum ini pengunjung dapat melihat sejarah lengkap tentang lokasi Golden Triangle beserta penanam dan penjualan opium secara ilegal. Tidak hanya itu saja, pengunjung juga bisa mendapatkan edukasi tentang penggunaan opium untuk kebutuhan medis, dampak negatif opium serta lain sebagainya.

Untuk masuk kedalam museum ini, pengunjung akan dipungut biaya sebesar 300 bath atau sekitar 120 ribu rupiah. Tidak ada salahnya bukan mampir ke museum ini ketika berkunjung ke Chiang Rai.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *