Perayaan Songkran merupakan perayaan tahunan yang dilakukan di Thailand. Festival Songkran biasanya dilakukan setiap tanggal 13 – 15 di bulan April. Selain Thailand, negara Buddha seperti Kamboja, Laos dan juga Myanmar juga melakukan festival yang sama setiap tahunnya.

Festival Songkran sebenarnya merupakan festival yang dilakukan untuk memberi penghormatan kepada orang yang lebih tua. Menurut tradisi, pada perayaan Songkran, akan ada acara sungkeman kepada orang tua, biasanya dilakukan di kuil ataupun rumah. Pada kesempatan ini, warga Thailand akan beribadah ke kuil, siraman air pada perayaan Songkran dipercaya dapat membawa berkah.

ketika perayaan Songkran dimulai, warga akan berbasah-basahan ria di jalanan sembari mengadakan pesta dan hura-hura. Sebenarnya perayaan ini awalnya hanya memercikkan air saja, tetapi seiring perkembangan jaman, yang dilakukan bukan hanya percik air saja melainkan basah-basahan ( biasanya menggunakan senapan air ).

Hasil gambar untuk songkran

 

Lalu apa yang harus diperhatikan ketika ikut dalam perayaan Songkran ?

1. Ingatlah bahwa perayaan Songkran adalah perayaan basah-basahan, jadi kalian tidak boleh marah jika ketika berjalan, kalian disiram menggunakan air. Hal ini menjadi hal yang wajar bagi orang Thailand.

2. Jangan gunakan pakaian tipis ! Berhubung kalian akan basah ketika mengikuti perayaan ini, sangat disarankan untuk mengenakan pakaian yang tertutup.

3. Ketika mengikuti perayaan ini, kalian akan diberikan bubuk berwarna putih pada bagian wajah, jika kalian tidak suka, kalian bisa menolaknya dengan halus.

4. Berhati-hatilah, pasalnya ketika perayaan ini dimulai, akan ada anak muda yang bertindak tidak sopan ( memegang anggota tubuh ). Biasanya hal ini terjadi pada perempuan. Sebisa mungkin mengenakan pakaian yang sopan agar tidak mengundang tindakan pelecehan semacam itu.

5. Jangan membawa passport keluar ketika mengikuti perayaan Songkran. Kalian bisa fotokopi dan menyimpan passport asli di penginapan. Ini dilakukan agar passport yang kalian bawa tidak basah.

6. Jangan membawa barang berharga, tidak sedikit wisatawan yang kehilangan barangnya ketika mengikuti perayaan ini.

7. Jika kalian tidak suka basah-basahan, kalian bisa mengunjungi mall-mall terdekat. Siram-siraman hanya terjadi diluar, jika kalian berada didalam mall, kalian tidak akan berbasah ria.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *